Keterampilan apa yang diperlukan untuk menjadi pemimpin hebat

Diterbitkan pada 3 Feb 2020 oleh Esther Daniel

Kepemimpinan adalah tindakan mengarahkan atau memimpin sekelompok orang atau sebuah organisasi. Merupakan tindakan memotivasi dan membantu orang-orang meraih potensi maksimal mereka dalam meraih tujuan tertinggi.

"Pemimpin bisnis yang baik menciptakan visi, merangkai visi, berhasrat terhadap visi, dan tanpa kenal lelah mendorong pencapaian visi tersebut." - Jack Welch

Seorang pemimpin memiliki 'pandangan jauh ke depan'. Visi mengarahkan pemimpin agar fokus dan menjaga perhatian pada hal-hal penting dan utama untuk meraih hasil akhir.

Pemimpin kreatif dan inovatif dalam berpikir, melihat segala sisi dan mampu menghadirkan ide-ide unik. Mereka melakukannya dengan cara memanfaatkan waktu dan berpikir dengan matang. Mengurangi prasangka dan menelaah masalah dengan rasa penasaran dan ketertarikan murni layaknya seorang anak kecil. Mereka menggunakan waktu untuk mengembangkan strategi mengidentifikasi dan menghancurkan hambatan-hambatan struktural. Akan tetapi, mereka tidak kaku dalam berpikir dan tetap waspada dan terbuka terhadap perubahan jika terjadi perubahan situasi. Mereka menghargai pendapat para pemangku kepentingan dan mendengarkan saran mereka. Pada akhirnya, mereka membuat keputusan secara objektif dan tanpa memihak.

Ketika mereka sudah menyimpulkan sebuah strategi dan langkah-langkah untuk menjalankan visi mereka, seorang pemimpin akan menjalankannya dengan penuh keyakinan. Pemimpin punya keberanian untuk tetap berpegang teguh dan melaksanakan keputusan mereka. Mereka menyampaikan visi tersebut dengan jelas, membangun latar belakangnya dan menumbuhkan perasaan akan tujuan bersama. Mereka menetapkan tujuan dan memastikan semua tim memiliki pemahaman jelas terhadap prioritas mereka. Ketika anggota kelompok memandang pemimpin mereka memiliki kepastian atas keputusannya dan penegasannya, mereka akan termotivasi untuk turut berpegang teguh.

clear communication

"Kualitas seorang pemimpin terlihat pada standar yang mereka tetapkan sendiri." - Ray Kroc

Pemimpin hebat mengenal dirinya sendiri. Mereka memanfaatkan waktu untuk terhubung dengan siapa mereka sesungguhnya dan keyakinan diri mereka. Mereka memiliki hasrat tinggi dan dorongan kuat. Pada masa krisis, pemimpin memerlukan kecerdasan emosional yang tinggi dan harus dapat bertindak berdasarkan insting. Kesadaran sosial mereka dan komunikasi yang bagus membantu pemimpin hebat menghadapi dan menyelesaikan konflik. Pada akhirnya, daya tahan dan sikap positif mereka menjadi panutan bagi tim mereka.

"Kualitas utama pemimpin adalah integritas." - Dwight D. Eisenhower

Untuk dapat menginspirasi dan mempengaruhi orang lain untuk melakukan yang terbaik, pemimpin harus punya integritas yang tidak terbantahkan. Seorang pemimpin harus jujur, memegang teguh nilai-nilai utama mereka. Pemimpin memimpin dengan memberikan contoh dan dapat diandalkan atas tindakan mereka.

Pemimpin hebat mengerti betapa pentingnya mengenal tim mereka. Mereka sangat mengenal setiap orang dalam kelompok, memahami kelebihan dan kekurangan mereka. Mereka mendengarkan dan mengembangkan keterampilan untuk berkomunikasi dengan efektif terhadap setiap individu, memandu mereka meraih yang terbaik. Kesadaran mereka terhadap keadaan saat ini memungkinkan mereka bertindak dengan penuh kasih, kebaikan dan empati.

Pemimpin menciptakan lingkungan saling percaya di mana orang-orang tahu apa yang diharapkan dari mereka, memaksimalkan kelebihan mereka dan diakui setiap usahanya. Dengan membangun lingkungan kerja yang aman dan inklusif, mereka dapat mendorong pengambilan risiko yang berintelegensi.

leading the way

Aktivitas Team Building untuk keterampilan kepemimpinan

Pemimpin hebat menciptakan kesempatan untuk mengenal anggota tim mereka di luar lingkungan kerja sehari-hari. Begitu juga dengan pemimpin tim jarak jauh, ketika memungkinkan, akan menciptakan kesempatan untuk bertemu tatap muka dengan anggota tim mereka.

Aktivitas team building adalah cara yang ideal bagi para pemimpin untuk mengenal anggota tim mereka. Cobalah, Quickfire, yang memungkinkan setiap anggota tim menunjukkan kelebihan mereka masing-masing. Pilihan lainnya, game pemecahan masalah menantang dan menyenangkan seperti Beat the Box atau game virtual reality, The Infinite Loop yang mampu memunculkan dinamika tim ke permukaan sehingga memungkinkan tim memahami, mencoba, dan melaksanakan!

Bagi mereka yang ingin mengembangkan keterampilan kepemimpinan bagi orang-orangnya, metodologi gamifikasi telah terbukti mampu membuat para peserta merasakan pembelajaran dalam waktu singkat dengan hasil yang bertahan lama. Salah satu aktivitas team building kepemimpinan tersebut adalah Peak Performance di mana para peserta harus belajar bekerja sebagai satu kesatuan tim untuk memandu ekspedisi menuju puncak Gunung Everest.

Jelajahi aktivitas team building kami yang tersedia di sini atau hubungi tim kami yang ramah yang akan dengan senang hati membantu Anda mempersiapkan aktivitas team building yang sempurna bagi karyawan Anda.

Esther Daniel

Kepala Strategi Partisipasi Mitra di Catalyst Global

Bertanggung jawab untuk memastikan efektivitas organisasi melalui strategi partisipasi mitra jaringan di Catalyst Global.

Semua Artikel

Bacaan yang Direkomendasikan