The infinite loop

Melangkah menuju Dunia Baru Team Building dengan Virtual Reality

Diterbitkan pada 14 Apr 2019 oleh Jonathan Hazley

Team building sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif. Mulai dari mendorong staf untuk bekerja bersama dengan baik hingga belajar dan memahami kelebihan dan kekurangan satu sama lain untuk memastikan semua orang mendapat dukungan di tempat kerja, banyak sekali manfaatnya. Team building bisa digunakan untuk mendorong komunikasi, meningkatkan manajemen waktu dan memperkuat ikatan antar individu seiring mereka saling berkompetisi atau berkolaborasi untuk mengalahkan tim lawan.

networking team building

Mengapa Team Building?

Team building mendorong partisipasi antar karyawan dan dapat membantu karyawan baru menghancurkan penghalang, menyediakan lingkungan yang lebih nyaman untuk bersosialisasi dan membangun ikatan.

Akan tetapi, ketika Anda mencoba mendorong anggota tim yang enggan ikut ambil bagian dalam pengalaman team building, sering kali Anda akan mendapati bahwa mereka lebih fokus pada aspek negatifnya, seperti meluangkan waktu di hari yang sibuk atau enggan untuk tergabung dalam aktivitas sosial.

Karena team building merupakan metode sempurna untuk membangun komunikasi yang lebih baik dalam tim Anda, mengikutsertakan para staf sebelum mengadakan acara team building merupakan tindakan yang tepat. Tanyakan pada mereka mengenai tanggal atau waktu yang diinginkan untuk menyelenggarakan acaranya dan diskusikan apakah diperlukan waktu luang bagi para karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka terlebih dahulu.

Atau, jika tanggal dan waktunya harus ditetapkan karena faktor eksternal, cobalah untuk membuat tim Anda turut serta dengan cara lain. Contohnya, Anda bisa mengirimkan ide-ide atau inspirasi acara team building dan minta para tim untuk memilih bagian mana yang mereka paling ingin lakukan.

Komunikasi yang baik di mulai dari manajemen dan stafnya. Setelah semuanya matang, Anda akan mendapatkan lebih banyak dukungan dalam merancang acara team building dengan semua orang turut serta didalamnya.

Flat out F1

Buat Team Building Menarik

Ketimbang mundur lagi ke aktivitas team building tradisional, acara Anda haruslah menarik. Idealnya, harus menghadirkan sesuatu yang baru atau berbeda - serta tetap menawarkan semua semangat kompetitif yang penting!

Aktivitas team building modern membuat semua ini bisa dilakukan. Mulai dari kesempatan untuk merakit dan balapan dengan mobil balap F1 dan serangkaian perahu, hingga mengajarkan seluruh tim Anda memainkan orkestra bersama-sama atau bahkan mengalahkan waktu dan meloloskan diri dari serangkaian situasi rumit, team building dewasa ini tidak ada batasnya.

Team building haruslah menarik! Ketika Anda menyebutkan team building pada para staf Anda, Anda seharusnya mendapatkan sorakan gembira dan hiruk pikuk ketertarikan dan minat. Namun jika Anda malah mendapat geraman atau helaan napas, Anda mungkin perlu memperbaiki pendekatan Anda terhadap team building dan, ketika ada kesempatan, buat semua tenaga kerja terlibat didalamnya. Dengan cara ini semua orang akan merasa bahwa pendapat mereka didengarkan, meskipun itu hanyalah voting singkat dan sederhana untuk memilih aktivitas.

red alert

Teknologi dalam Team Building

Team building sekarang ini sudah menghadirkan kesempatan bagi aktivitas team building berbasis teknologi yang menyertakan berbagai gadget menarik, membawa team building yang awalnya hanyalah aktivitas tantangan fisik atau mental menjadi menyertakan pendekatan digital.

Acara kolaboratif tim kami, Red Alert, merupakan contoh sempurna gamifikasi pengalaman team building Anda dengan teknologi. Masing-masing tim mendapatkan peti berisi enam puzzle teknologi menantang yang harus diselesaikan oleh para tim untuk menghentikan virus komputer merusak masuk ke dalam sistem. Karena setiap peti yang ada harus diselesaikan untuk menyelesaikan tugasnya, para tim kemudian harus saling membantu dan berkolaborasi untuk mengkarantina virusnya.

Permainannya mendorong pengembangan berbagai kemampuan termasuk berpikir strategis, manajemen waktu dan inovasi, akan tetapi, staf akan langsung melebur bersama kemampuan tersebut ketika mereka sudah turut serta dalam permainan puzzle berteknologi ini.

The infinite loop

Langkah Selanjutnya dalam Team Building

Kami undang Anda untuk mencoba masa depan team building - virtual reality.

Team building virtual reality menghadirkan kesempatan bagi para karyawan untuk melangkah memasuki dunia baru, dunia digital, tempat di mana aturan dunia nyata sudah tidak berlaku lagi. Permainan virtual reality sudah dikembangkan sehingga mampu membuat Anda terbang, melukis 3D, berdiri di puncak dunia atau bahkan membawa Anda ke masa depan - potensinya sungguh tak terbatas.

Virtual reality merupakan perkembangan selanjutnya dalam team building dan staf Anda tidak diragukan lagi akan terpesona untuk mencoba acara-acara team building unik kami.

The infinite loop

The Infinite Loop – Team Building Virtual Reality

The Infinite Loop merupakan acara team building virtual reality terbaru kami dan merupakan cara yang fantastis untuk mendorong kemampuan personal dan tim dalam berbagai ranah termasuk jaringan relasi, kolaborasi, manajemen konflik, berpikir strategis, keikutsertaan dan manajemen waktu.

Para staf dibagi menjadi beberapa tim peretas topi putih yang ditugaskan dengan misi sangat rahasia yakni berpindah-pindah antara dunia nyata dan dunia virtual agar dapat menyelamatkan seseorang yang terjebak dalam VR.

Masing-masing tim hanya disediakan satu buah perangkat VR yang hanya bisa digunakan satu anggota tim dalam satu waktu untuk 'mengunjungi' dunia virtual. Di sini, mereka harus menjelaskan keadaan sekitar mereka pada anggota tim yang lain untuk membantu mereka menyelesaikan puzzle dunia nyata, membuka serangkaian pintu dan menyelamatkan pemain yang terjebak dalam penjara virtual.

Para tim harus saling berkompetisi melawan satu sama lain dan akan dapat melihat kemajuan mereka dibandingkan dengan tim lain di layar utama.

The infinite loop

Pesan Acara Team Building Anda Selanjutnya

Jika staf Anda tidak pernah merasakan VR sebelumnya atau jika Anda ingin menghadirkan daya tarik pada acara team building Anda, inilah acara yang tepat untuk dipesan!

Di saat virtual reality menjadi semakin ramah terhadap konsumen, beberapa orang ragu karena harganya yang tinggi dan diperlukannya banyak sistem VR sehingga menjadi perangkat pendamping profesional. Acara team building VR kami memungkinkan staf Anda menggunakan peralatan teknologi fantastis sambil mendapatkan kemampuan berharga dan mendorong semua pengembangan personal yang penting tersebut.

Jika Anda berminat memesan acara team building VR atau ingin tahu lebih lanjut mengenai acara team building berbasis teknologi kami yang lainnya, hubungi tim pemasaran kami melalui laman hubungi kami.

Jonathan Hazley

Manajer Umum di Team Challenge Company

Memiliki hasrat terhadap penciptaan, desain dan penyelenggaraan aktivitas team building unik untuk mengembangkan tim bagi berbagai bisnis di seluruh Inggris.

Semua Artikel

Bacaan yang Direkomendasikan