Mengembangkan Tim Virtual Efektif

Diterbitkan pada 7 Jul 2019 oleh Esther Daniel

Jika Anda adalah seorang pekerja lepas seperti saya, maka Anda tahu betul kebebasan yang didapatkan. Dalam kondisi tertentu, Anda dapat tinggal di mana pun yang Anda inginkan dan menetapkan sendiri jam kerja Anda. Saya seorang pecinta olah raga yang suka bepergian, jadi kerja lepas cocok dengan gaya hidup saya. Tapi, juga ada tantangannya tersendiri.

Globalisasi mendorong pertumbuhan telekomunikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Strategy Analytics, "Tenaga kerja berpindah global meningkat dari 1,52 miliar di tahun 2017, mencakup 39,3% dari tenaga kerja global, menjadi 1,88 miliar di tahun 2023, mencakup 43,3% dari seluruh tenaga kerja global." Menurut IWG, 70 persen profesional sudah bekerja lepas minimal sehari dalam seminggu, sementara 53 persen bekerja lepas minimal setengah minggu.

Semua model yang sama atas tim yang efektif juga berlaku bagi tim kerja lepas namun dalam beberapa sisi bahkan bisa lebih, karena para pekerja lepas ini tidak bisa terlepas dari tantangan batasan jarak dan lintas geografis, budaya serta bahasa. Tim virtual efektif dipandu oleh pemimpin yang cakap yang mampu menghadirkan proses yang jelas bagi tim yang kemudian mendukung dinamika tim yang positif.

ibuild

Budaya dan Hubungan Bersama

Budaya perusahaan yang positif sangatlah penting bagi keikutsertaan dan kepuasan kerja karyawan. Dapat meningkatkan loyalitas karyawan dan memiliki keterkaitan terhadap tingkat produktivitas yang tinggi. Konteks bersama membantu menumbuhkan kepercayaan dan saling ketergantungan, mengarah pada komunikasi terbuka, kerja sama tim dan kolaborasi, yang merupakan faktor-faktor penting bagi tim efektif yang terdiri atas pekerja lepas.

Terdapat beragam cara bagi para pemimpin untuk menumbuhkan identitas kolektif dan pemahaman dalam tim virtual. Untuk menciptakan budaya kinerja, tujuan, dan kerja yang memuaskan, dimulai dengan mendiskusikan budaya tim bersama. Mengetahui hal-hal yang dianggap penting oleh masing-masing individu akan dapat membantu menciptakan budaya yang sesuai bagi tim.

Dalam tim virtual, jarak sosial menyebabkan kurangnya identitas bersama. Keluhan umum yang dirasakan pekerja lepas adalah mereka merasa membangun kepercayaan dan koneksi dengan kolega mereka cukuplah sulit. Hal ini menunjukkan bahwa kepentingan di tempat kerja lebih lazim, dan konflik lebih sulit diselesaikan.

Meskipun terpisah jarak, tanggung jawab bersama, pengambilan keputusan bersama, dan ikut serta dalam perbincangan secara rutin akan dapat membantu mengembangkan ketergantungan kognitif. Mendorong budaya saling berbagi informasi dan tugas-tugas kolaboratif membantu mengembangkan kenangan bermanfaat.

the infinite loop

Menentukan waktu untuk berkumpul bersama tatap muka secara langsung untuk berpartisipasi dalam aktivitas team building yang fokus terhadap perilaku tim yang dituju, akan memunculkan kesadaran terhadap pertumbuhan hubungan dan produktivitas. Dalam permainan virtual reality, The Infinite Loop, para peserta memakai perangkat VR yang mana seseorang menggambarkan kondisi di dunia virtual, sementara anggota tim yang lain di dunia nyata memiliki solusinya. Pembelajaran berulang, dikombinasikan dengan umpan balik terus menerus, merupakan hal berharga bagi pekerja lepas dan bisa dengan cepat mengembangkan kemampuan kolaborasi dan komunikasi efektif bagi tim pekerja lepas.

Aktivitas serupa lainnya, Integrity menawarkan konteks aman untuk dapat menyampaikan perilaku yang sesuai, menelaah budaya perusahaan, menciptakan diskusi proaktif, dan menghadirkan pengambilan keputusan tim yang padu.

Pekerja yang sehat akan lebih bahagia dan lebih produktif. Keluhan umum dari para pekerja lepas adalah bahwa jumlah jam kerja mereka lebih banyak, tidak ada istirahat dan tidak memiliki perbedaan yang jelas antara kehidupan keseharian di rumah dan kehidupan kerja. Mendiskusikan kondisi ini sebagai sebuah kelompok dan mencari strategi yang mendorong gaya hidup sehat. Cobalah menggunakan aplikasi kesehatan seperti meditasi pikiran bagi tim. Meditainment Online! bisa dilakukan di mana pun, kapan pun dan telah terbukti mendorong pikiran positif, kebiasaan tidur yang baik dan menghilangkan stres.

Strategi yang dapat meningkatkan perasaan memiliki dan persatuan bisa sesederhana seperti kebiasaan sosial termasuk merayakan ulang tahun. Lebih sulit dilakukan karena bekerja secara lepas namun tidak berarti mustahil dilakukan.

Tujuan sosial bersama punya dampak positif bagi ikatan tim, menciptakan identitas bersama. Di Catalyst kita berkontribusi bersama untuk manfaat yang baik melalui organisasi amal global B1G1. Kegiatan ini menekankan kembali budaya beramal bersama kita.

	escape the maze

Komunikasi

Bagi pekerja lepas, sebagian besar interaksi berlangsung melalui telepon atau teknologi. Kurangnya bahasa tubuh dan respon langsung membuat komunikasi semacam ini menghasilkan banyak interpretasi yang dapat menyebabkan kebingungan dan kekhawatiran. Terlebih lagi, tim pekerja lepas sering kali terdiri atas berbagai budaya. Kondisi seperti ini memerlukan pertimbangan lebih lanjut mengenai nada bicara, gaya tulisan dan bahkan pemilihan alat komunikasi. Humor atau lelucon bisa saja tampak wajar bagi suatu budaya namun tidak pantas bagi budaya lainnya.

Menciptakan kesempatan bagi para individu untuk menyampaikan bagaimana mereka ingin berkomunikasi dan pada akhirnya untuk mengembangkan pemahaman terhadap keinginan orang lain bisa secara signifikan membantu membangun komunikasi efektif dan pemilihan alat komunikasi yang tepat. Konferensi video daripada telepon biasa bisa membantu menghadirkan bahasa tubuh dalam perbincangan. Meluangkan waktu untuk mengembangkan norma bersama dalam berkomunikasi dapat meningkatkan kejelasan dalam melakukan komunikasi.

Akan tetapi, berbagai penelitian menunjukkan bahwa komunikasi tatap muka jauh lebih efektif daripada komunikasi digital, jadi kapan pun memungkinkan untuk menghadirkan kesempatan bagi para pekerja virtual untuk membangun hubungan secara langsung akan memiliki dampak yang paling signifikan dalam mengembangkan ikatan.

Berkumpul bersama untuk berpartisipasi secara langsung dalam permainan berbasis pengalaman yang meningkatkan kesadaran dan penghargaan terhadap perbedaan individu, serta kekuatan masing-masing, dapat meningkatkan dinamika tim secara luas pada tim pekerja lepas. Aktivitas team building berbasis tablet, Escape the Maze, merupakan cara yang menarik dan menyenangkan untuk menghadirkan kesadaran akan kemampuan dan tanggung jawab dalam tugas-tugas bersama, serta meningkatkan dinamika tim dan mengembangkan pengalaman bersama.

integrity

Kehadiran tim virtual akan semakin bertambah. Melalui perhatian terhadap budaya bersama dan mengembangkan hubungan transparan dapat membuat tim pekerja lepas berjaya. Akan tetapi, untuk bisa efektif terlaksana, tim perlu secara rutin berkumpul bersama di lokasi geografis yang sama. Mengisi pertemuan tatap muka ini dengan permainan berbasis pengalaman bertarget dan aktivitas team building yang berdasarkan model perilaku tim yang diinginkan akan memastikan tim virtual menjadi tim yang efektif.

Esther Daniel

Kepala Strategi Partisipasi Mitra di Catalyst Global

Bertanggung jawab untuk memastikan efektivitas organisasi melalui strategi partisipasi mitra jaringan di Catalyst Global.

Semua Artikel

Bacaan yang Direkomendasikan