team building in russia

Team Building di Rusia

Diterbitkan pada 7 Jan 2019 oleh Maria Varlamova

Pada wawancara terbaru dengan publikasi MICE terkemuka di Rusia, Maria Varlamova mendiskusikan manajemen sumber daya manusia, manajemen acara dan perubahan perilaku terhadap team building Rusia. Berikut transkrip wawancara penuh wawasan tersebut.

"Titik balik perubahan team building di Rusia adalah ketika Catalyst Global, perusahaan team building terbesar di dunia, mendirikan perwakilan terlisensi di sini," kata Maria Varlamova. "Dalam waktu dua tahun setelah Catalyst Russia didirikan, pandangan terhadap seperti apa team building efektif itu telah berubah secara signifikan."

Apa proses utama yang Anda lalui sebelum membuka Catalyst Russia?

“Untuk bergabung dalam jaringan ini, bisnis kami dievaluasi berdasarkan beberapa kriteria termasuk saham pasar, kepuasan pelanggan, persentase pesanan berulang dll. Ini karena Catalyst adalah jaringan global berstandar tinggi. Ada banyak sekali perusahaan team building yang tampaknya "murah" tapi tidak layak. Catalyst menerapkan proses untuk memastikan perusahaan-perusahaan dalam jaringannya akan terus memegang teguh standar mereka.

Tahun ini, Catalyst Global akan menandai anniversary ke-30 tahun. Jaringan Catalyst Global sekarang terdiri atas 45 perusahaan team building di seluruh dunia, semuanya memegang tujuan utama yang sama – untuk menjadi agensi team building terbaik di negaranya masing-masing. Motto dan slogan Jaringan Catalyst Global adalah Kesempurnaan dalam Team Building. Perusahaan dalam jaringan menyediakan layanan team building dengan harga terjangkau dan lebih penting lagi, mereka memegang teguh standar tinggi jaringan terhadap produk dan layanan. Kami sangat senang bahwa KPI kami memenuhi standar bagi Jaringan Catalyst.

Apa perbedaan utama pada aktivitas team building Anda?

Prinsip utama dari team building Catalyst adalah team building efektif berbasis hasil. Melalui koneksi kami dengan jaringan Catalyst Global, kami kini memiliki spesialisasi unik yang memungkinkan kami menghadirkan produk-produk inovatif nan unik di negara kami.

Contohnya, para peserta mengikuti aktivitas di mana mereka melukis di kanvas dalam tim atau membangun mobil balap dari karton dan balapan dengan tim lain atau belajar memainkan alat musik dalam sebuah orkestra hanya dalam waktu 2 jam. Mereka akan merasakan langsung aktivitas baru, segar dan kreatif di luar kebiasaan sehari-hari mereka; berkolaborasi dalam tim yang terdiri atas orang-orang yang mereka tidak pernah kerja sama sebelumnya. Terlebih lagi, hasil nan mengagumkan dari proses team building ini – Big Picture dengan desain unik atau Mobil Balap F1 yang bisa dipajang di kantor sebagai pengingat bagi para tim atas pembelajarannya yang dapat bertahan lama setelah acaranya selesai.

Dan ada perbedaan mendasar pada apa yang kami berikan. Banyak perusahaan yang meniru produk-produk Catalyst. Ya mereka sih sudah coba tapi kebanyakan gagal menghadirkan rincian penting yang membuat aktivitasnya sempurna dan memberikan hasil yang luar biasa.

Apakah mungkin meraih tujuan spesifik dari pada hanya "team-building"?

Masing-masing dari setiap 170 aktivitas team building Catalyst Global sudah didesain dengan hasilnya masing-masing baik itu berupa pengalaman bersama yang menyenangkan saja, mengembangkan kemampuan kepemimpinan, komunikasi efektif, kerja sama tim, meningkatkan kesadaran brand atau pembelajaran bisnis mendalam dari permainan bisnis interaktif. Dan lebih dari ini, salah satu kunci pelayanan kami adalah aktivitas yang khusus disesuaikan dengan kebutuhan klien. Khususnya, banyak di antara proposal kami yang memang diarahkan untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan, kemampuan kerja sama tim, meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran brand bagi para staf. Meningkatkan kesadaran brand juga relevan ketika perusahaan meluncurkan produk baru ke pasar. Kami memberikan kesempatan bagi para perusahaan untuk membangun tim mereka secara spesifik untuk kebutuhan yang diinginkan.

team building in russia

Siapa yang mendesain dan mengembangkan aktivitasnya?

Produk-produk didesain dan dikembangkan untuk pasar oleh Catalyst Global dan kami telah mengadaptasi 32 dari keseluruhan 174 produk mereka, khususnya menyesuaikan kebudayaan dan suasana di Rusia. Catalyst Global memiliki Kantor Pusat di Inggris, Australia, Indonesia dan Selandia Baru di mana penciptaan awal produk dilakukan melalui proses penelitian dan pengembangan mendalam. Prosesnya dimulai dengan menerima masukan dari 45 perusahaan team building dalam jaringan Catalyst untuk mendapat pemahaman di mana kebutuhannya berada. Setelah pengembangan awal, produk beta kemudian diuji coba dan dites oleh jaringan.

Kebanyakan dari produk-produk yang kami tawarkan di Rusia sudah diuji coba dan dimodifikasi selama lebih dari 15 tahun di tahap yang terinci untuk mengembangkan apa yang kami berikan saat ini. Pembelajaran kami berasal dari petunjuk mendalam tentang produk-produk yang diberikan pada kami sebagai bagian dari persetujuan lisensi. Petunjuk ini menjelaskan rincian komprehensif mulai dari cara mengatur ruangan, persiapan, pelatihan staf acara, naskah rujukan bagi pembawa acara dan banyak lagi yang lainnya. Lagi pula, 90% keberhasilan team building bergantung pada perencanaan yang matang. Petunjuk terinci ini, pertemuan pelatihan dan dukungan 24 jam Catalyst Global memungkinkan anggota jaringan untuk memastikan aktivitas yang diberikan memiliki standar tertinggi, memegang teguh motto Catalyst Global yakni Kesempurnaan dalam Team Building.

Apakah mungkin mempersiapkan aktivitas team building efektif hanya dalam waktu satu minggu?

Ya itu tidak ideal tapi tentu kami bisa. Waktu tersebut termasuk memahami tujuan dan keinginan klien, memilih produk yang tepat untuk solusinya dan kemudian mengadaptasinya agar sesuai kebutuhan. Kami sudah punya fondasi yang kuat – termasuk staf terlatih dan kontraktor serta semua perlengkapan yang dibutuhkan. Jujur saja kalau kami diminta mengembangkan produk unik dari nol tanpa adanya dasar yang kokoh, tentu saja, ya hasilnya pas-pasan. Sayangnya, memang banyak perusahaan dan perencana acara team building yang mencoba untuk melakukan hal semacam ini.

team building in russia

Apakah Anda mempertimbangkan kebutuhan individual pelanggan dalam adaptasi aktivitas team building?

Paket kami termasuk modifikasi desain untuk menyesuaikan kebutuhan klien. Ini bisa termasuk hal-hal antara lain warna, logo perusahaan, isi pertanyaan kuis seputar pemahaman terhadap brand dan sebagainya. Tentu saja bisa lebih dari ini untuk skala yang lebih besar - yakni elemen-elemen yang akan membuat aktivitasnya sesuai dengan etos perusahaan, strategi sumber daya manusia secara keseluruhan dan tujuan-tujuan spesifik pada saat itu.

Pada aktivitas yang diadaptasi dengan baik, para peserta akan menyadari pembelajaran fundamental. Pembelajaran ini kemudian bisa diperdalam lagi melalui tanya jawab komprehensif di akhir sesi.

Apa prinsip-prinsip utama Anda ketika bekerja dengan agensi acara?

Sekitar 70% dari pelanggan kami adalah agensi acara dan perusahaan MICE. Tujuan kami adalah menjadi kontraktor sempurna. Dengan latar belakang bekerja di agensi acara, ini sesuatu yang terkadang saya impikan dan memiliki pemahaman jelas tentangnya, kontraktor sempurna.

Kunci-kunci fundamental termasuk responsif terhadap berbagai pilihan yang bisa diadaptasikan (sebaiknya gratis) dan kemampuan menyampaikan dengan jelas garis besar kegiatan. Kami menawarkan team building menjadi solusi kunci bagi agensi acara.

Normalnya kami tidak turut ikut campur dengan rincian-rincian yang merupakan tanggung jawab agensi. Tentu saja, saat terjadi keadaan yang tidak terduga, berdasarkan permintaan, kami selalu mengambil alih dan membantu di tahap mana pun yang kami bisa. Kemampuan komunikasi tingkat tinggi kami memungkinkan kami diperlukan berkomunikasi langsung dengan pelanggan jadi hanya sedikit atau bahkan tidak ada perbedaan antara kami penyedia team building dan agensi yang kami kontrak. Para agensi juga tidak pernah merasa malu dengan kami yang mewakili mereka.

Apa yang penting bagi Anda dalam pemilihan personil?

Dalam industri kami ya semangat dan profesionalitas. Ya, tanggung jawab, keramahan dan semangat atas apa yang kami lakukan. Kami layaknya sebuah keluarga. Jika ada pekerjaan mendesak, kami tidak pulang dari kantor. Bahkan saat akhir pekan kami berada di sana untuk memenuhi permintaan klien dan memberikan saran. Kami mencintai apa yang kami lakukan dan personil baru harus sesuai dengan etos kerja tersebut.

team building in russia

Bagaimana Anda mengatur untuk menentukan harga terjangkau tanpa kehilangan kualitas?

Ya, meskipun nyatanya kami menawarkan produk-produk orisinal yang sudah teruji, kami masih bisa menawarkannya dalam harga yang terjangkau. Ini karena kami tidak menghabiskan waktu pada pengembangan produk, hanya pada adaptasinya.

Lebih penting lagi, tujuan kami adalah membangun pelanggan setia dan model harga kami merefleksikannya. Kami ingin bekerja dengan perusahaan dalam jangka waktu panjang sehingga bisa melihat perubahan atas apa yang kami lakukan. Kami tidak menargetkan untuk mendapat banyak uang dari klien hanya untuk satu acara dan tidak pernah bertemu mereka lagi. Kami yakin kalau kami memberikan layanan sempurna dan nilai luar biasa atas harganya (tidak harus yang termurah tapi terbaik) klien kami akan terus menggunakan layanan kami dan terlebih lagi, mereka akan membicarakan tentang pengalaman mereka. Ini tak ternilai harganya. Persentase kami untuk pelanggan berulang lebih dari 70%. Kalau untuk perusahaan MICE dan agensi acara - bahkan lebih. Ini angka yang sangat fantastis terlebih ketika mempertimbangkan bahwa di pasar Rusia rata-ratanya hanya 30%.

Solusi apa yang Anda tawarkan pada perusahaan MICE?

Kami bagi mereka adalah kontraktor team building ideal. Kami bisa melaksanakan aktivitas dalam bahasa Inggris tanpa menurunkan nilainya. Dengan kantor pusat di London, kami punya materi dan versi cetak dalam bahasa Inggris. Kami bekerja di seluruh Rusia. Dalam beberapa tahun terakhir ini, kami sudah mengunjungi lebih dari 20 kota. Di luar pusat-pusat kota, agak sulit untuk menemukan kontraktor dengan teknologi dan keahlian dalam ranah team building. Kami mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Catalyst Russia - bagian dari perusahaan internasional yang kuat, yang brandnya - jaminan atas kualitas terbaik. Dan memberikan kami banyak keunggulan. Ketika pelanggan asing melaksanakan tender untuk team building di Rusia, fakta bahwa team building menjadi program terlisensi Catalyst, diberikan oleh mitra berlisensi Catalyst, sering berkontribusi sehingga kami dapat memenangkannya.

Catalyst Russia – sarana perubahan dalam organisasi Anda!

Maria Varlamova

CEO - Fabrika Sobitiy, Event Factory

Pendiri Event Factory, lulusan produksi teater yang telah bekerja untuk festival terbesar dan paling bergengsi di Rusia.

Semua Artikel

Bacaan yang Direkomendasikan