Jadikan Pesta Akhir Tahun Anda Sukses

Diterbitkan pada 15 Okt 2022 oleh Esther Daniel

Pesta Natal tentu diharapkan menjadi waktu bersenang-senang fantastis dan perayaan bagi semua staf. Akan tetapi, penyelenggaraan pestanya bisa jadi rumit bagi para profesional bidang Sumber Daya Manusia. Lebih dari 78% pemilik bisnis menyatakan pernah menghadapi permasalahan yang muncul untuk perayaan Natal bersama. Penting sekali untuk mengambil langkah pasti sehingga dapat menghindari permasalahan. Sadar akan keberagaman para karyawan dan mencoba menyeimbangkan pentingnya acara sambil tetap memastikan bahwa orang-orang tahu kalau tidak diwajibkan untuk menghadirinya merupakan hal penting untuk ditampilkan. Ingatlah, tidak semua orang suka pesta atau merayakan Natal!

Kejelasan Pelaksanaan & Dresscode

Memberikan pengarahan yang jelas mengenai pelaksanaan yang baik dan dress code sangatlah penting. Sekali lagi, pastikan bahwa keseimbangan terjaga antara menjadi pengawas yang menyenangkan sambil tetap menjaga lingkungan baik, aman dan dekat bagi semua. Jika ingin menyediakan minuman beralkohol pikirkan juga dampaknya, sediakan staf bar yang sigap jika ada karyawan yang mabuk dan jangan berikan mereka kebebasan minum sepanjang malam. Ingatlah, ini pesta Natal kantor bukan klub malam! Dan perlu diingat pula pasti akan ada staf yang tidak minum alkohol atas alasan pribadi atau agama. Cobalah untuk menambahkan aktivitas bermakna yang dapat membentuk acaranya dan memiliki bonus tambahan menghadirkan pemahaman tepat bagi para karyawan dalam bersikap dengan lebih alami dan tidak terlalu kaku.

Make your end of year party success

Membangun Jaringan & Hubungan

Dengan bertambahnya jumlah tim terpisah jarak dan yang bekerja dari rumah, bagi beberapa bisnis, Natal adalah waktu yang tepat bagi orang-orang untuk bersama-sama saling bertatap muka. Mencari cara untuk membangun hubungan dan memperkuat ikatan yang sudah ada. Pesta akhir tahun yang berkesan bisa menjadi unsur penting menjaga anggota staf utama. Juga merupakan kesempatan ideal untuk menekankan kembali nilai-nilai kunci atau akselerasi jaringan dengan menyematkan aktivitas team building yang tepat.

Hasil, kerangka waktu dan lokasi

Memilih aktivitas yang tepat sungguh penting untuk mendapatkan hasil yang diinginkan serta penting untuk mendapatkan keikutsertaan penuh dan hasil positif. Baik Anda mencari ide-ide pesta Natal atau mencairkan suasana, menyegarkan pembicaraan atau memulai perayaan, terdapat banyak pilihan yang tersedia. Jika Anda bekerja sama dengan penyedia team building, jumlah dan keadaan para peserta juga menjadi hal penting. Banyak perusahaan yang memilih kegiatan luar ruangan untuk mendapatkan udara segar dengan aktivitas bertema perburuan harta dengan GPS seperti Go Team. Permainan kuis tim berbasis tablet dalam ruangan seperti Push It! dan Quickfire bisa menambah semarak suasana pesta Natal dan membuat karyawan membangun relasi, tertawa bersama dan saling menghargai kemampuan satu sama lain dengan cepat dan mudah. Baik aktivitas di dalam maupun di luar ruangan, kegiatan berbasis aplikasi ini sangat menarik sehingga dapat menjembatani kesenjangan generasi dan bisa dengan mudah disesuaikan dengan acaranya dan secara halus menekankan nilai-nilai perusahaan.

Beramal

Dengan semangat berbagi dalam Natal, terdapat peningkatan kecenderungan terhadap aktivitas tim terkait CSR dan beramal di mana teman kerja bisa memberikan dampak langsung terhadap masyarakat lokal mereka dan 'beramal' bagi kelompok yang kurang beruntung lainnya. Penelitian menunjukkan kalau karyawan menghargai inisiatif ini dan lebih siap untuk turut serta dalam aktivitas team building yang pada akhirnya berdampak baik. Banyak sekali aktivitas seperti itu yang dapat dipilih, termasuk merakit sepeda dan membuat mainan bagi anak-anak kurang beruntung, lapangan golf mini yang terbuat dari makanan kemasan yang nantinya akan diberikan sebagai donasi, kegiatan penanaman pohon dan lain sebagainya. Catalyst Global telah berkolaborasi dengan inisiatif amal global B1G1 untuk menciptakan Go Give. Tantangan tim berbasis aplikasi yang menyenangkan dan sangat menyatu di mana poin yang didapatkan kemudian dikonversikan sebagai donasi yang sudah dipilih dengan teliti di seluruh dunia.

Nah yang seperti inilah kegiatan Natal bersama yang berkesan!

Esther Daniel

Kepala Strategi Partisipasi Mitra di Catalyst Global

Bertanggung jawab untuk memastikan efektivitas organisasi melalui strategi partisipasi mitra jaringan di Catalyst Global.

Semua Artikel

Bacaan yang Direkomendasikan