mindfulness meditainment

Hilangkan stres & segar kembali melalui meditasi perhatian

Diterbitkan pada 17 Jun 2019 oleh Esther Daniel

Anda sudah duduk dengan nyaman? Sekarang .... tutup mata Anda. Perhatikan baik-baik aliran napas Anda. Perhatikan bagaimana udara keluar dan masuk ke tubuh Anda. Seiring Anda menarik napas .... dan menghembuskannya .... Apakah Anda fokus terhadap pernapasan Anda ataukah pikiran Anda melayang-layang entah ke mana?


Dalam dunia kita yang serba cepat ini dengan teknologi yang terus-menerus menerpa kita setiap hari dalam setiap detiknya, sangatlah sulit untuk dapat fokus. Saya mencoba duduk untuk menulis, tapi segera saja pikiran saya mulai berkelana, memikirkan yang ucapan seseorang pada saya kemarin, atau sesuatu yang sudah saya lakukan dan sekarang saya sesali dan bahkan sekarang saya kesal karena dari tadi tidak mulai menulis. Argh... stres dan kecemasan mulai muncul, dan harus ada solusinya.

Apa itu Meditasi Perhatian?

Meditasi perhatian adalah memfokuskan perhatian Anda pada momen saat ini. Meditasi perhatian merupakan sebuah kemampuan, dan dengan latihan rutin, Anda akan dapat meraih kesadaran pikiran dan perasaan yang nyaman dan tanpa prasangka. Anda akan menyadari bahwa prasangka itu hanyalah pikiran semata yang tidak bisa mengambil kendali atas diri Anda.

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa aktivitas berbasis perhatian memiliki dampak kuat dan positif terhadap gejala-gejala stres, kecemasan dan jadwal tidur yang tidak teratur serta peningkatan terhadap keseluruhan kesejahteraan psikologis. Dan sekarang ini, dengan adanya bantuan teknologi gambaran otak seperti fMRI dan EEG, terdapat banyak sekali karya tulis ilmiah yang membuktikan manfaat meditasi perhatian terhadap syaraf otak.

mindfulness meditation

Menilai Kembali Stres-Rileks

Semua orang mengalami stres sewaktu-waktu dalam kehidupan sehari-hari mereka. Sering kali mekanisme pengendalinya yang kita gunakan ketika kita sedang mengalami stres tidaklah banyak membantu. Mekanisme ini lebih cocok digunakan pada zaman prasejarah ketika pilihan yang kita hadapi hanyalah antara melawan atau kabur saat berhadapan dengan ancaman NYATA. Kabar baiknya kita cenderung tidak akan sering berhadapan dengan harimau purba di zaman sekarang ini, dan kebanyakan dari "ancaman" yang kita hadapi adalah PERASAAN. Akan tetapi, tubuh dan pikiran kita sama dalam memperlakukan ancaman "NYATA & PERASAAN" dan alhasil stres bisa menjadi pemicu utama dari berbagai penyakit fisik yang dapat menyebabkan rasa sakit dan oleh karena itu semakin memperburuk kondisi stres.

Pandangan kita terhadap sebuah situasi dapat memicu atau menghambat stres. Apakah Anda pernah merasakan berpikir berulang-ulang tentang suatu hal dalam pikiran Anda? Merenung bisa mengurangi stres dan mengobati depresi. Sama halnya seperti kita ingin menganggap bahwa persepsi kita adalah benar, meditasi perhatian dapat membantu kita menilai kembali evaluasi kita terhadap dunia luar. Proses ini dikenal sebagai penilaian kembali kognitif atau "merasakan kembali". Yang mana merupakan pemikiran yang ketika kita berlatih meditasi perhatian, kita fokus pada masa sekarang, sehingga memungkinkan kita untuk memonitor pikiran seiring pikiran tersebut meningkat dalam tahapan yang tidak dapat dievaluasi.

Ini merupakan fakta yang bagus, tapi jujur saja, pada saat berada dalam kondisi stres, berlatih meditasi menjadi hal yang tidak ingin kita lakukan. Inilah saat di mana panduan meditasi dapat membantu. Jadi sangat mudah karena kita hanya cukup menjalankan aplikasi di ponsel, menutup mata dan mengikuti instruksinya, membawa kita langsung menuju proses meditasi.

Dan sudah terbukti secara ilmiah manfaat psikologisnya! Relaksasi mengurangi produksi kelenjar adrenalin, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi tekanan darah. Lebih efektif daripada kopi jahe!

sleeping at the wheel

Meditasi Tidur dan Segar Kembali

Tidur sangatlah penting bagi kesejahteraan fisik dan kesehatan mental. Tidur mempengaruhi nafsu makan kita, pernapasan, tekanan darah, kesehatan jantung, sistem kekebalan tubuh, hormon stres dan banyak lagi yang lainnya. Kurangnya tidur berdampak langsung terhadap masalah kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi.

Kita selalu diingatkan untuk mendapatkan 7 – 8 jam tidur berkualitas baik. Sayangnya, nampaknya semakin banyak jumlah orang yang kesulitan untuk tidur atau menjaga agar tetap tertidur.

Terdapat banyak sekali bukti tak terbantahkan yang menerangkan bahwa hal ini terjadi dikarenakan meningkatnya penggunaan perangkat elektronik.

Teknologi yang digunakan saat mendekati waktu tidur sangat sulit dihindari. Penggunaan perangkat interaktif antara lain ponsel pintar, komputer dan perangkat game bisa menyebabkan hyperarousal dan menghalangi penarikan alami sistem syaraf yang menyebabkan tidur tidak teratur.

Pada akhirnya, membebaskan pikiran dari gangguan sehari-hari melalui meditasi perhatian akan dapat membantu menuntun kita menuju tidur alami yang nyaman dan lelap.

mindfulness meditation guided

Pengobatan digital mungkin memang yang dianjurkan oleh dokter, tapi dengan meditasi perhatian yang terbukti menghasilkan efek positif terhadap kesejahteraan psikologis yang bahkan melebihi meditasi biasa, sudah waktunya bagi saya untuk istirahat, agar dapat segar kembali dengan panduan meditasi perhatian.

Esther Daniel

Kepala Strategi Partisipasi Mitra di Catalyst Global

Bertanggung jawab untuk memastikan efektivitas organisasi melalui strategi partisipasi mitra jaringan di Catalyst Global.

Semua Artikel

Bacaan yang Direkomendasikan