indoor team building activities

Team Building Indoor dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

Diterbitkan pada 18 Mar 2019 oleh Guy Baker

Ketika menjalankan bisnis atau mengukur keberhasilan suatu organisasi, salah satu faktor terpenting untuk diperhatikan adalah produktivitas. Pada dasarnya, semua bisnis dijalankan oleh para karyawan ketimbang manajemen senior, dan efisiensi para karyawan inilah yang pada akhirnya menentukan keseluruhan pertumbuhan dan keberhasilan bisnis.

Produktivitas juga memiliki ikatan erat dengan kepuasan karyawan. Tak terhitung jumlahnya hasil penelitian ilmiah yang mengindikasikan bahwa tenaga kerja yang bahagia adalah tenaga kerja yang produktif, jadi bagaimana caranya Anda dapat memastikan bahwa karyawan Anda dapat bahagia dan termotivasi semaksimal mungkin?

Aktivitas team building indoor adalah solusi cemerlang untuk ini. Acara team building yang didesain dengan baik memiliki kekuatan untuk memberikan semangat bagi tenaga kerja dan membangun perasaan persatuan dalam organisasi, meningkatkan moral sambil tetap membantu melatih dan mengembangkan kemampuan-kemampuan yang bermanfaat dalam bisnis.

Bagaimana Cara Kerja Team Building?

Team building adalah teknik dan gaya pelatihan yang didesain untuk mendekatkan orang-orang bersama dan membina perasaan persatuan. Semua tim, tidak peduli ranah maupun lingkungannya, harus dapat bekerja sama secara efektif untuk meraih potensi terbesar mereka.

Mengidentifikasi dan memaksimalkan kemampuan serta keterampilan mereka bisa menjadi suatu tantangan tersendiri. Bahkan bisa menjadi lebih sulit lagi ketika Anda menyadari bahwa kepercayaan dan pemahaman sangatlah sulit untuk sengaja dibina. Tim yang efektif memerlukan hubungan nyata nan alami yang sudah terbangun terlebih dahulu sebelum dapat menghasilkan kinerja terbaiknya.

Cara utama untuk meraih efek team building ini yakni melalui tugas-tugas yang membangun dan menantang. Keceriaan yang hadir saat berlangsungnya aktivitas team building membantu para peserta untuk terbuka dan tetap berminat, sambil tantangannya tetap menuntut para peserta mengeksplorasi kemampuan dan keterampilan mereka, saling mengenal satu sama lain dan bekerja sebagai satu kesatuan untuk menghadapi persoalan yang ada.

indoor team building activities

3 Keunggulan Aktivitas Team Building Indoor

Aktivitas team building indoor yang didesain dengan baik dapat menyediakan ruang bagi para karyawan untuk tumbuh dan saling terhubung satu sama lain di lingkungan kerja yang berbeda dari biasanya. Berikut tiga keunggulan utama yang bisa dihadirkan oleh acara team building efektif bagi bisnis Anda.

1. Meningkatkan Semangat Juang

Sama seperti lingkungan lain yang juga dipenuhi orang-orang yang berbeda-beda, bisnis juga merupakan sebuah sistem yang halus. Perubahan pada perilaku dan emosi bisa dengan cepat menyebabkan pergesekan dalam organisasi, dapat berpotensi mengganggu produktivitas dan komunikasi.

Hal ini bisa semakin terasa jika para individu merasa bahwa tujuan mereka dalam organisasi tidaklah penting atau bahwa tujuan organisasi tidak sesuai dengan nilai-nilai pribadi. Anggota staf yang sudah kehilangan gairah mereka terhadap bisnis sering kali tanpa sengaja menyebarkan perasaan tersebut kepada sesama rekan kerja mereka, sehingga bisa dengan cepat menjadi permasalahan tersendiri bagi perusahaan. Ketika semangat juang para karyawan sedang berada di titik terendah, Anda akan mulai melihat penurunan produktivitas, pendapatan dan keseluruhan pertumbuhan perusahaan.

Team building dapat secara efektif membantu menghancurkan aktivitas kerja yang monoton, mendorong para atasan menunjukkan penghargaan mereka terhadap para staf melalui aktivitas team building indoor yang menyenangkan. Hal ini memberikan ruang bagi para karyawan untuk rileks dan menghargai atasan mereka lagi, menumbuhkan kembali gairah semangat terhadap organisasi dan nilai-nilai yang dikandungnya.

Sama halnya seperti perasaan negatif yang bisa dengan cepat menyebar ke seluruh bisnis, emosi positif juga bisa melakukannya. Peningkatan semangat juang yang dihadirkan oleh sebuah aktivitas team building bisa dengan cepat menjadi titik balik bagi bisnis yang sedang kesulitan.

indoor team building activities

2. Pelatihan

Meskipun jantung hati team building terletak pada pembinaan pertumbuhan dan persatuan, salah satu keunggulan utama dari aktivitas team building yang efektif adalah aktivitas tersebut bisa digunakan sebagai kesempatan pelatihan yang cemerlang.

Banyak sekali kursus dan skema pelatihan yang hanya fokus terhadap gaya pembelajaran tradisional, dengan ceramah dan presentasi menganalisa topik dan kemudian membaginya menjadi bagian-bagian kecil untuk memudahkan pemahaman. Akan tetapi, ada beberapa keterampilan yang tidak sesuai dengan gaya pelatihan semacam ini. Khususnya, soft skill seperti kepemimpinan, pemecahan masalah, analisa dan kerja sama tim tidak dapat diajarkan secara eksklusif dalam sebuah kursus - keterampilan ini perlu dirasakan melalui pengalaman langsung dan didukung oleh teori terapan. Aktivitas team building menyediakan kesempatan menarik bagi para karyawan Anda untuk mencoba dan mengembangkan berbagai keterampilan penting ini.

Berbagai aktivitas team building indoor kami bisa disesuaikan dengan hasil pembelajaran tertentu. Jika hasil analisa Anda menunjukkan bahwa bisnis Anda kesulitan dalam hal komunikasi dan kepemimpinan, Anda dapat dengan cepat menemukan aktivitas team building yang dapat meraih kedua hasil pembelajaran tersebut, membantu staf Anda melatih keterampilan tersebut sambil tetap semakin menjadikan mereka tim yang utuh dan efektif.

indoor team building activities

3. Persatuan

Persatuan dan mentalitas tim secara keseluruhan memiliki peranan besar dalam kesuksesan suatu bisnis. Jika Anda secara aktif mendorong loyalitas dan meningkatkan komunikasi, maka tinggi kemungkinannya bahwa organisasi Anda berada di jalan menuju operasi bisnis yang efektif.

Sama halnya dengan kerja sama tim yang dipraktikan dan dibangun melalui aktivitas team building indoor yang sangat penting untuk dapat meningkatkan kepuasan karyawan, karena membangun hubungan personal dengan rekan kerja bisa secara dramatis meningkatkan kualitas lingkungan kerja.

indoor team building activities

Pada Intinya

Aktivitas team building dapat membantu menghadirkan hubungan baik antara sesama rekan kerja. Bersamaan dengan hubungan yang terjalin tersebut muncullah kepuasan dan kebahagiaan lebih dalam pekerjaan, yang mana pada akhirnya menghasilkan peningkatan produktivitas, inovasi dan kesadaran tujuan yang lebih baik lagi. Pada saat yang sama, soft skill yang dilatih dan dikembangkan melalui aktivitas team building dapat semakin meningkatkan kualitas kerja yang dihasilkan staf Anda.

Bagaimana Anda Dapat Mulai Memanfaatkan Keuntungan dari Team Building

Team Building Catalyst secara terus menerus berusaha menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat dan lebih menyenangkan. Acara-acara team building kami disesuaikan dengan kebutuhan bisnis serta para karyawannya, menyeimbangkan kesenangan dan aktivitas menarik dengan tujuan perusahaan dan hasil pembelajaran yang bermanfaat.

Kami bertujuan untuk membantu organisasi-organisasi menciptakan budaya lingkungan kerja di mana produktivitas tinggi secara konsisten dan para karyawan senang untuk datang bekerja setiap harinya. Tim ahli manajemen acara kami memanfaatkan program-program yang telah dirancang sebelumnya untuk memberikan aktivitas team building tingkat dunia di mana pun Anda berada.

Cari tahu berbagai aktivitas team building indoor kami sekarang juga atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Guy Baker

Direktur Pendiri Catalyst Global

Guy memiliki visi terhadap pembuatan & pengembangan konsep membangun tim, lalu berupaya untuk meyakinkan semua pihak terkait manfaatnya.

Semua Artikel

Bacaan yang Direkomendasikan