leadership skills inspiration

Apa yang menjadikan seorang pemimpin hebat?

Diterbitkan pada 17 Sep 2023 oleh Guy Baker

Sebagai CEO jaringan team building terbesar dunia, saya sering bertanya tentang apa yang menjadikan seorang pemimpin hebat. Terdapat daftar jawaban khas, termasuk fokus kuat terhadap hasil, kemampuan mengembangkan strategi dan perencanaan efektif - dan memastikan perencanaan tersebut dilaksanakan dengan baik, ketegasan dalam menghadapi situasi sulit, kemampuan untuk jelas dan tegas dalam mengkomunikasikan keputusan tersebut, tanggung jawab terhadap kinerja tim, dan kemampuan mengatur kemunduran dengan logika tenang. Dan lain sebagainya.

Akan tetapi, bagi saya, ciri khusus pemimpin hebat adalah kemampuan untuk menginspirasi. Tidakkah kita semua punya seorang guru di sekolah yang sangat mencintai mata pelajarannya sehingga pembelajaran jadi menyenangkan? Tidakkah kita semua punya seseorang yang begitu kita kagumi yang mendesain, membuat, atau melakukan hal-hal luar biasa, terkadang melebihi imajinasi umum? Apa sih yang ada dalam diri orang-orang ini yang menyebabkan mereka begitu menginspirasi?

Saya menghabiskan banyak sekali waktu untuk membaca tentang kehidupan para penjelajah hebat - orang-orang yang semangatnya telah menginspirasi saya mengejar petualangan seru saya sendiri selama bertahun-tahun: ekspedisi kayak seperti jalur pertama dari Sungai Nil Putih, kayak laut dari Tasmania dari dataran utama Australia, mencoba puncak gunung Amadablam, dan lain-lain. Pengalaman ini merupakan nilai intrinsik dalam pengembangan kemampuan kepemimpinan saya pribadi.

Tentu saja, tidak selalu tepat dan memungkinkan bagi orang-orang untuk memulai perjalanan mendaki Everest atau melakukan ekspedisi Artik untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan mereka, tapi bukan berarti manfaat dari pembelajaran berdasarkan pengalaman boleh dilewatkan begitu saja. Dengan pertimbangan ini, sekitar 3 tahun lalu saya mulai membuat sarana pembelajaran yang dapat dengan efektif mengembangkan kemampuan kepemimpinan. Hasil dari usaha keras tersebut adalah permainan dan pelatihan team building Catalyst Global yang baru-baru ini diluncurkan, Peak Performance - permainan bisnis interaktif berbasis tablet di mana para tim mengambil peran sebagai Pemimpin Ekspedisi pada perjalanan 20 hari mendaki puncak Gunung Everest sebelum kembali ke base camp dengan selamat. Permainan ini memungkinkan para peserta untuk merasakan langsung inspirasinya dan dorongan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin hebat.

Hasrat Mendorong Keinginan akan Pengetahuan Lebih

Pemimpin yang bersemangat penuh dengan pengetahuan, menawarkan pendapat dan solusi yang informatif ketika dibutuhkan. Pengetahuan mereka memungkinkan mereka mempertimbangkan semua sisi - setiap alternatif yang bisa diambil dan dampaknya masing-masing, dan untuk memfasilitasi pengembangan efektif atas ide-ide hebat, menginspirasi visi dan strategi matang terencana. Pemimpin hebat menggunakan visi dan strategi ini untuk memotivasi dan memandu tindakan efektif. Mempersiapkan tim untuk menyerap pengetahuan dan menerapkannya dalam pengembangan dan permainan strategi tangkas, seperti yang dilakukan dalam Peak Performance.

Antusias Mendorong Komunikasi

Semangat dan ketertarikan mendorong orang-orang untuk berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya, memotivasi yang lain untuk bergabung dalam prosesnya. Terlebih lagi, semangat dan pengetahuan berkontribusi terhadap sikap positif dan membantu menumbuhkan kepercayaan diri - kepercayaan diri yang agak menular. Mengikuti hal ini, Peak Performance menempatkan tanggung jawab pada setiap individu untuk mengembangkan pengetahuan pada aspek tertentu dalam permainan dan dengan efektif mengkomunikasikan pengetahuan tersebut dalam tim mereka.

Standar Efektif Kepemimpinan yang Tinggi namun Bisa Diraih

Pemimpin inspirasional menantang orang-orang dengan cara membuat standar yang tinggi namun dapat diraih oleh timnya. Mereka memimpin dengan menyediakan pelatihan dan dukungan yang dibutuhkan oleh tim mereka agar dapat meraih tujuan yang jelas, dan memastikan bahwa orang-orang mereka benar-benar terbiasa dengan perencanaan yang jelas dan siap sedia melaksanakan rencana tersebut. Selanjutnya, kepercayaan dan keyakinan pemimpin terhadap kemampuan tim memungkinkan mereka menghadirkan semangat mencapai tujuan bagi orang-orang di sekitarnya.

Peak Performance menyediakan pengetahuan dan pengalaman untuk mengembangkan para ahli di berbagai ranah. Menyatukannya bersama, dukungan tim memastikan mereka semua menyadari potensi mereka dan mampu mencapai tujuan yang diinginkan.

Inspirasi Peak Performance sebagai Pemimpin Pada Ranah Kita Sendiri

Ketika kita berinvestasi dan meningkatkan ranah spesifik kita pada semangat, minat, dan keahlian, kita memungkinkan diri sendiri menjadi pemimpin dalam ranah sendiri. Harapan saya agar Peak Performance membuat orang-orang meningkatkan pemahaman terhadap peranan yang mereka mainkan dan, terlebih lagi, inspirasi dan hasrat untuk menerapkan kemampuan dan talenta unik mereka dalam tim.

Guy Baker

Direktur Pendiri Catalyst Global

Guy memiliki visi terhadap pembuatan & pengembangan konsep membangun tim, lalu berupaya untuk meyakinkan semua pihak terkait manfaatnya.

Semua Artikel

Bacaan yang Direkomendasikan