Sun Life fokus terhadap pelayanan pelanggan

Diterbitkan pada 3 Jul 2017

Perusahaan layanan finansial terkemuka, Sun Life mencari aktivitas team building yang mampu menekankan pelayanan pelanggan. Aktivitas team building Catalyst, Bridging the Divide, di mana para peserta dan tim sama-sama berperan sebagai penyedia dan pelanggan di waktu yang sama dipilih sebagai acaranya. Untuk menambahkan tingkat kesulitan dalam aktivitas ini, ketika para tim mendesain dan membangun jembatan gantung melingkar berukuran besar, mereka hanya diperbolehkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui telepon konferensi dan email manusia.

Apa yang terjadi hari itu?

Pada hari itu, setiap tim diberikan tugas untuk menangani bagian jembatan masing-masing. Mereka diberikan buku petunjuk instruksi, bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membangun bagian mereka masing-masing. Berbagai peran segera dibagikan dan sumber daya yang ada dinilai untuk memastikan perencanaan pembangunannya dibuat dengan baik.

Para tim mengkomunikasikan rencana mereka dan berkolaborasi satu sama lain untuk membangun bagian jembatan yang terhubung untuk memastikan semua sisi sesuai - bukan tugas yang mudah untuk jembatan yang sengaja didesain memiliki sudut dan menggantung! Para tim sepenuhnya menggunakan telepon konferensi dan email manusia sebagai sarana komunikasi untuk bertukar data dan mengklarifikasi dan memverifikasi informasi.

Seiring batas waktunya mendekat, para tim segera mengklarifikasi rincian-rincian akhir dan menambahkan sentuhan akhir pada bagian jembatan mereka. Saat waktunya penyerahan, para tim membawa bagian jembatan mereka yang sudah selesai kepada “klien” yang memverifikasi bahwa bagian tersebut sudah dibuat berdasarkan perencanaan. Kegembiraan meningkat saat jembatannya disatukan dan tawa pecah saat beberapa bagian ternyata tidak sesuai harapan.

Bagian Akhir

Setelah sesi tanya jawab singkat untuk berbagi pengalaman dan inisiatif kunci dari kegiatan sore hari itu, para tim kembali ke ruangan untuk menguji jembatannya. CEO Sun Life diberikan kehormatan mengendarai mobil truk remot kontrol di atas jembatan. Dengan sorakan dukungan dari para delegasi, mobil truk tersebut berhasil mengelilingi jembatan disertai iringan suara dukungan dan tawa.

Aktivitas ini mengangkat pentingnya menunjukkan sikap "bisa melakukan" kepada klien dan untuk selalu rutin mengklarifikasi dan memverifikasi kebutuhan-kebutuhan spesifik mereka. Keseluruhan acara menekankan apa yang bisa diraih dengan bekerja bersama menuju satu tujuan, seiring para delegasi berpose dengan jembatan melingkar mengesankan.

Semua Studi Kasus