Tantangan kolaboratif & inovatif untuk Dunnhumby

Diterbitkan pada 1 Jun 2018

Kegiatan luar kantor tahunan Dunnhumby diselenggarakan pada 9 - 11 November 2018 di Crowne Plaza, Jaipur, India. Ini merupakan satu-satunya acara yang mengikutsertakan dan menggabungkan seluruh tim bersama-sama. Tim kepemimpinan di Dunnhumby mencari konsep yang menarik dan berkesan yang mampu membuat para staf merasa memiliki hubungan antara satu sama lain serta terhubung dengan organisasi. d'frens, perusahaan team building terkemuka di India dan pemegang lisensi eksklusif Catalyst Global untuk wilayah India diundang untuk merancang dan menyelenggarakan kegiatan berbasis pengalaman yang menyasar tujuan-tujuan utama Dunnhumby.

Ringkasan Tujuan

  • Kerja sama tim
  • Kolaborasi antar kedudukan
  • Saling menghargai
  • Semangat wirausaha
  • Pemikiran kreatif bersama
  • Pengembangan strategi kolaboratif
  • Pengambilan keputusan kelompok
  • Dinamika tim

 Dunnhumby Food Truck Challenge

Pada hari pelaksanaan

Di sore hari yang cerah pada tanggal 10 November, di halaman Crowne Plaza Jaipur, dalam 20 tim, 300 peserta ikut serta dalam kegiatan team building bernama "Food Truck Challenge", sebuah konsep yang didasarkan pada konsep bisnis baru yang berkembang paling pesat.

Masing-masing tim diberikan amplop yang didalamnya terdapat panduan singkat mengenai tugas-tugas mereka sebagai wirausaha Food Truck. Diantaranya termasuk bahan-bahan utama, waktu yang tepat untuk menyajikan makanan tersebut, lokasi tempat food truck berada dan profil pelanggan.

 Dunnhumby Food Truck Challenge

Dengan hanya punya waktu 45 menit untuk merancang strategi, para tim harus bekerja membuat perencanaan bisnis mereka mulai dari nol. Dengan tindakan yang perlu dilakukan serta peranan dan tanggung jawab masing-masing membuat para tim terbagi-bagi menjadi kelompok kerja. Sebagian ada yang mendirikan dan mendesain food truck, dan yang lainnya memformulasikan dan melaksanakan perencanaan pemasaran. Ketika dapurnya dibuka, para chef berusaha mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan dan mulai bekerja mempersiapkan hidangannya.

Di saat 45 menit terakhir dari kegiatannya, para tim mempresentasikan hidangan mereka beserta penjelasan singkat mengenai pemasaran dan brand mereka. Para juri mengumumkan pemenang berdasarkan sejumlah kriteria tertentu.

 Dunnhumby Food Truck Challenge

Hasil

Keseluruhan kegiatannya dinobatkan sebagai kesuksesan yang gemilang, dan semua pesertanya menikmati seluruh kegiatannya. Kegiatan ini mendorong para peserta untuk berpikir di luar kebiasaan dan memahami pentingnya inovasi dan kreativitas, yang sangat jelas tampak sekali terlihat pada keragaman hidangan yang disajikan. Mereka merasakan langsung pembelajaran mengenai perencanaan dan strategi, menentukan menu dan mempresentasikan hidangannya kepada para juri sebagai sebuah tim.

 Dunnhumby Food Truck Challenge

Konsep The Food Truck membantu menyatukan para peserta, mampu mengomunikasikan semangat kolaboratif sesungguhnya dari organisasi. Kegiatannya menuntut semuanya bekerja bersama dengan baik sebagai tim, saling bergantung satu sama lain dalam serangkaian tugas-tugas termasuk mengalokasikan sumber daya, menetapkan tanggung jawab, berbagi informasi dan praktik-praktik terbaik, serta fokus terhadap tujuan bersama. Kegiatan ini juga dapat membantu para peserta menyadari kekuatan besar yang muncul ketika mereka berkolaborasi dan bekerja sama dengan baik. Pada akhirnya, kegiatan ini mampu menumbuhkan perasaan keberhasilan, rasa bangga dan perasaan memiliki dalam diri para peserta.

Semua Studi Kasus