Para tim mendesain dan memproduksi iklan komersial
Dalam Commercial Break, para tim merasakan langsung pengalaman dalam dunia iklan digital seiring mereka membuat iklan pemenang penghargaan mulai dari penjelasan awal hingga penayangan akhir. Para tim mewakili agensi periklanan yang diberikan penjelasan singkat atas tujuan-tujuan dari proyeknya. Setiap tim mengembangkan strategi, jalan cerita dan naskah sebelum melanjutkan ke tahap produksi.
Sebagian dari peserta mengikuti pembelajaran singkat dalam pengambilan gambar, akting, dan tata rias dan kembali ke tim mereka dengan ilmu yang didapatkan. Para tim membagikan tugas dan peran. Para aktor memakai kostum dan riasan. Dilengkapi dengan peralatan video, properti dan papan film, para tim lalu membuat iklan komersial mereka. Hasilnya akan ditampilkan kepada semua kelompok dan sebuah upacara penghargaan digelar di mana iklan komersial terbaik mendapatkan penghargaan dan perayaan.
Commercial Break adalah cara informal yang sangat menyenangkan untuk mengeksplorasi isu-isu penting dalam kelompok. Penjelasan yang diminta untuk iklan bisa berupa produk atau layanan perusahaan, mengkritik pesaing atau didesain untuk memberikan pesan internal yang kuat terhadap kerja sama tim, nilai-nilai atau layanan pelanggan.
Para tim menggunakan kreativitas, komunikasi efektif dan perencanaan strategis untuk dapat mengubah penjelasan menjadi pesan-pesan kunci dan jalan cerita yang kuat dan bermakna. Kemampuan terhadap dinamika tim dan manajemen proyek dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan proyeknya dengan efektif dan tepat waktu.