Komunikasi

Sampaikan pesan yang konsisten dengan cara yang jelas dan singkat serta disesuaikan dengan audiens Anda.

Komunikasi bisnis dilakukan dengan beragam media mulai dari pertemuan bertatap muka, presentasi hingga email dan aplikasi perpesanan. Cara berkomunikasi mesti sesuai dengan medianya. Komunikasi adalah proses yang berjalan dua arah. Untuk keberhasilan komunikasi, mendengarkan secara aktif dan empatik sama pentingnya dengan berbicara atau menyampaikan pesan. Dengan cara ini, memahami sudut pandang orang lain menjadi kunci untuk memperbaiki kualitas hubungan.

Berkomunikasilah dengan jelas dan ringkas dan dengan cara yang disesuaikan dengan audiens Anda. Pesan yang Anda sampaikan harus mengalir dengan lancar dan nada suara Anda secara keseluruhan harus konsisten serta relevan dengan topik. Pastikan agar pesan Anda memberikan gambaran konkret tentang apa yang berusaha Anda sampaikan dan pesan tersebut jangan sampai mengandung hal-hal yang dapat membingungkan pendengar. Pesan Anda harus komprehensif dan lengkap, memberi informasi lengkap pada audiens dan memungkinkan mereka untuk mengambil tindakan yang relevan bilamana diperlukan. Nada dan bahasa tubuh juga penting untuk terciptanya komunikasi yang efektif. Perhatikan postur tubuh dan nada suara. Perhatikan cara Anda mengajukan pertanyaan, pastikan agar pertanyaan disampaikan dengan cara yang positif dan membangun kepercayaan serta mendorong diskusi. Aktivitas membangun tim dan game bisnis untuk pembelajaran berbasis pengalaman dapat membantu memeragakan komunikasi yang efektif.

Lihatlah aktivitas-aktivitas pilihan populer terkait.
Butuh bantuan untuk memutuskan? Mencari yang lainnya?

Hubungi Kami

Related Case Studies