Accentuate the positive

Mengutamakan nilai-nilai positif

Diterbitkan pada 18 Mei 2017 oleh Dace Stīpniece

P. Mengapa penting untuk memperhatikan efek dari perasaan di tempat kerja?

Perasaan dalam kehidupan sehari-hari memiliki peranan penting bagi kita semua. Kita bisa mengekspresikan perasaan kita dengan ucapan dan juga bahasa tubuh kita. Terkadang saya bahkan tidak perlu menggunakan ucapan untuk membuat seseorang sakit hati. Jadi, perasaan memengaruhi kita di mana pun. Kita menghabiskan sebagian besar hari kita di lingkungan kerja jadi penting untuk memperhatikan bagaimana kita berinteraksi dengan kolega dan klien kita. Perasaan di tempat kerja bergantung pada beberapa faktor internal termasuk kepemimpinan, anggota tim, pembayaran dan hadiah, tapi faktor eksternal juga penting. Termasuk juga kehidupan pribadi kita, antara lain hubungan kita dengan teman atau keluarga. Kepribadian setiap orang berbeda-beda, jadi kita menanggapi dan mengekspresikannya dengan cara yang berbeda-beda pula, bisa melalui perasaan positif atau negatif.

P. Apa akibat yang dimiliki perasaan positif dan negatif di tempat kerja?

Perasaan positif dapat menyebabkan peningkatan produktivitas kerja. Jika karyawan puas, baik karena pekerjaan, atau kehidupan pribadi mereka, akan berdampak pada efektivitas, kreativitas dan semangat mereka untuk mengerjakan pekerjaan mereka semaksimal mungkin. Setiap orang ingin dihargai, dan ingin merasa senang dengan pekerjaan yang mereka lakukan, dan memiliki lingkungan kerja yang bagus. Maka dari itu, manajer memiliki peranan yang sangat penting untuk memotivasi staf mereka, mengakui prestasi mereka dan memberikan imbalan untuk mereka. Semua ini menciptakan nilai positif. Sebaliknya, perasaan negatif memiliki efek yang berlawanan. Masalah bisa dimulai dari kerja terlalu berlebihan atau jika karyawan mulai merasa kalau mereka tidak mendapat dukungan ataupun visi yang jelas tentang apa yang mereka lakukan, sehingga menciptakan stres dan penurunan motivasi. Hal ini bisa menimbulkan konflik dalam tim dan merusak hubungan di antara para kolega. Serta menurunkan kreativitas dan kemampuan untuk kontribusi.

Accentuate the positive

P. Bagaimana caranya kita menciptakan lingkungan positif di tempat kerja dan di acara?

Kita harus selalu ingat untuk memberikan dukungan sosial pada setiap karyawan. Contohnya, jika seseorang datang kepadamu untuk menanyakan sesuatu yang mungkin tampak sudah jelas, atau aneh, maka jangan buat ia merasa tidak enak. Gunakan kesempatan ini untuk menjawabnya dengan tepat dan juga membangun kepercayaan antara Anda dan dia. Kolega Anda akan merasa senang karena dia tidak merasa sendirian dalam pekerjaannya dan menyadari kalau dia punya kolega yang siap membantunya. Anda telah menciptakan lingkungan kerja yang positif. Menyediakan tujuan dan rencana kerja yang jelas. Jika kita punya visi yang jelas tentang apa yang perlu kita lakukan dan tujuan-tujuan kita, kita bisa lebih baik dalam merencanakan waktu kerja kita serta mendapatkan solusi terbaik. Jika memungkinkan, mintalah semua karyawan untuk melakukan aktivitas fisik. Olahraga adalah sarana penghilang stres yang bagus dan bisa mengubah emosi buruk menjadi perasaan positif. Jika Anda bisa melakukan aktivitas ini bersamaan, malah lebih bagus lagi. Bisa menjadi latihan team building sederhana. Ingatlah untuk selalu saling mengucapkan "terima kasih". Ini bisa menggoreskan senyuman di wajah seseorang dan membuat mereka berpikir kalau pekerjaannya dihargai. Sebanyak mungkin, buatlah humor sebagai bagian penting dari keseharian kerja Anda.

accentuate the postive

P. Apakah perusahaan lebih sadar terhadap pentingnya memerhatikan kesejahteraan karyawan dan delegasi mereka?

Karena bekerja dengan perusahaan team building internasional, saya bisa bilang kalau sekarang ini sebagian besar perusahaan memikirkan cara untuk membangun lingkungan kerja yang lebih baik, lebih bagus dan lebih positif. Manajer perusahaan dan sumber daya manusia mencari cara terbaik untuk memotivasi dan meningkatkan produktivitas, kreativitas dan efektivitas kerja. Ini berarti mereka selalu mencari pilihan dan pendekatan lain untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan mereka.

Dace Stīpniece

Entertrainer di UPAS Latvia

Entertrainer | Event manager | Event facilitator | Country Manager di Catalyst Baltic | Fasilitator Pelatihan di FreshBiz

Semua Artikel

Bacaan yang Direkomendasikan